Hari ini saya melihat video dari TEDx Talks yang dibawakan oleh Laura Vanderkam yang berjudul "Bagaimana cara mengatur waktu". Laura bercerita banyak orang melakukan trik untuk menambah waktu mereka dengan cara mengurangi sedikit waktu dari suatu kegiatan. Contohnya adalah dengan cara merekam acara televisi dan mempercepat rekaman ketika iklan ditayangkan, dengan cara ini mereka bisa menghemat waktu dan melakukan hal lain. Cara yang efektif untuk menambah waktu untuk melakukan hal lain yaitu tidak menonton televisi.
Orang-orang sukses tetapi mengatur waktu mereka untuk mengejar tujuan. Laura bercerita tentang seorang wanita yang sangat sibuk, dan suatu hari ada kejadian yang tidak terduga yaitu pemanas airnya rusak dan air meluap kemana-mana. Untuk mengatasi hal ini perempuan tersebut membersihkan rumah dari air, besoknya memanggil tukang untuk memperbaikinya. Hal ini menghabiskan tujuh jam dalam satu minggu. Saat kejadian itu terjadi dan kita mau membuat janji dengannya, kita pasti ditolak karena wanita tersebut merasa sibuk. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa waktu dapat diatur untuk melakukan hal yang kita ingin lakukan. Inti dari pengaturan waktu adalah pengaturan prioritas, seperti kejadian ketika pemanas air rusak. Semua yang kita lakukan, semua waktu yang kita habiskan adalah pilihan kita.
Daripada kita mengatakan "saya tidak punya waktu untuk melakukan x", lebih baik kita mengatakan "saya tidak melakukan x karena x bukan prioritas saya". Tidak punya waktu biasanya sama artinya dengan itu bukan prioritas atau tidak mau melakukannya. Kita dapat mengatakan kita tidak punya waktu untuk melakukan suatu hal, tetapi jika menurut kita dengan melakukan hal itu kita mendapatkan reward yang kita inginkan, pasti kita lakukan. Dari sini kita dapat melihat bahwa waktu adalah pilihan. Untuk mengisi hidup kita dengan hal yang penting, kita harus tahu apa yang menurut kita penting untuk dilakukan.
Cara untuk menentukan hal yang menurut kita penting adalah tulis review untuk tahun depan. Cari tahu 3 sampai 5 hal yang akan membuat tahun depan menjadi tahun yang luar biasa secara profesional dan personal. Dari sini kita akan mendapatkan 6 sampai 10 hal yang akan kita lakukan. Jadwalkan hal-hal tersebut duluan, menurut Laura waktu yang tepat untuk mengatur jadwal adalah hari jumat malam. Atur prioritas untuk tiga kategori yaitu: karir, hubungan, dan diri sendiri. Harus ada minimal dua hal dalam tiap kategori. Biasanya ketika orang punya sedikit waktu orang akan menghapus email, melihat handphone, atau melihat televisi. Waktu yang sedikit ini lebih baik kita isi dengan melakukan hal yang lebih berguna seperti membaca buku, meditasi, ataupun berdoa.
Selalu ada waktu. Walaupun kita sibuk, kita punya waktu untuk hal yang penting. Dan ketika kita fokus ke hal yang penting, kita dapat membuat hidup seperti yang kita inginkan di waktu yang kita punya.
Sumber: youtube.com
Orang-orang sukses tetapi mengatur waktu mereka untuk mengejar tujuan. Laura bercerita tentang seorang wanita yang sangat sibuk, dan suatu hari ada kejadian yang tidak terduga yaitu pemanas airnya rusak dan air meluap kemana-mana. Untuk mengatasi hal ini perempuan tersebut membersihkan rumah dari air, besoknya memanggil tukang untuk memperbaikinya. Hal ini menghabiskan tujuh jam dalam satu minggu. Saat kejadian itu terjadi dan kita mau membuat janji dengannya, kita pasti ditolak karena wanita tersebut merasa sibuk. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa waktu dapat diatur untuk melakukan hal yang kita ingin lakukan. Inti dari pengaturan waktu adalah pengaturan prioritas, seperti kejadian ketika pemanas air rusak. Semua yang kita lakukan, semua waktu yang kita habiskan adalah pilihan kita.
Daripada kita mengatakan "saya tidak punya waktu untuk melakukan x", lebih baik kita mengatakan "saya tidak melakukan x karena x bukan prioritas saya". Tidak punya waktu biasanya sama artinya dengan itu bukan prioritas atau tidak mau melakukannya. Kita dapat mengatakan kita tidak punya waktu untuk melakukan suatu hal, tetapi jika menurut kita dengan melakukan hal itu kita mendapatkan reward yang kita inginkan, pasti kita lakukan. Dari sini kita dapat melihat bahwa waktu adalah pilihan. Untuk mengisi hidup kita dengan hal yang penting, kita harus tahu apa yang menurut kita penting untuk dilakukan.
Cara untuk menentukan hal yang menurut kita penting adalah tulis review untuk tahun depan. Cari tahu 3 sampai 5 hal yang akan membuat tahun depan menjadi tahun yang luar biasa secara profesional dan personal. Dari sini kita akan mendapatkan 6 sampai 10 hal yang akan kita lakukan. Jadwalkan hal-hal tersebut duluan, menurut Laura waktu yang tepat untuk mengatur jadwal adalah hari jumat malam. Atur prioritas untuk tiga kategori yaitu: karir, hubungan, dan diri sendiri. Harus ada minimal dua hal dalam tiap kategori. Biasanya ketika orang punya sedikit waktu orang akan menghapus email, melihat handphone, atau melihat televisi. Waktu yang sedikit ini lebih baik kita isi dengan melakukan hal yang lebih berguna seperti membaca buku, meditasi, ataupun berdoa.
Selalu ada waktu. Walaupun kita sibuk, kita punya waktu untuk hal yang penting. Dan ketika kita fokus ke hal yang penting, kita dapat membuat hidup seperti yang kita inginkan di waktu yang kita punya.
Sumber: youtube.com
Inspiring
ReplyDeleteHope it helps
DeleteBagi anda yang hobby bermain judi online seperti :
ReplyDeleteBandar Ceme, Ceme Keliling, Capsa Susun, Domino, Bandar Poker dan Live Poker.
Mari segera bergabung bersama kami di www,s1288poker,com
Kami agen penyediaan jasa judi online terbaik dan terpercaya.
(WA : 08122221680)